Selasa, 03 Februari 2009

Hati-hati terserang penyakit akibat perubahan cuaca

Perubahan cuaca seperti sekarang ini membuat banyak orang yang terserang penyakit seperti deman, flu, batuk dan lain-lain. Beberapa waktu yang lalu papah rizqi terserang pilek, gak lama rizqi ikut tertular dan demam sehingga segera dibawa papah dan mamah kedokter, setelah itu giliran mamah rizqi ikut-ikutan sakit. Wah..rizqi sedih banget semuanya pada sakit. Alhamdulliah sekarang rizqi, papah dan mamah sudah sehat, dan rizqi bisa main-main lagi dengan papah dan mamah.
Tapi rizqi juga bertanya-tanya kenapa ya..setiap perubahan cuaca, kita khususnya bayi dan balita rentan terhadap sakit? Ini nih jawaban yang rizqi rangkum dari berbagai sumber.

Pada perubahan cuaca, sering ditemui perubahan suhu dan kelembaban secara tiba-tiba dan tubuh ”dipaksa” untuk dapat beradaptasi ekxtra keras terhadap perubahan tersebut. Hal ini menyebabkan daya tahan tubuh terutama anak-anak mengalami penurunan.

Selain itu, perubahan cuaca juga mempengaruhi kondisi lingkungan dan kualitas air. Debu dan kotoran dimasa udara kering dapat menjadi pembawa penyakit sedangkan pada saat musim hujan kualitas air dapat berkurang. Munculnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh sampah maupun serangga seperti nyamuk dan lalat menjadi hal penting pada perubahan musim. Hal ini juga mendorong mudahnya seseorang terkena penyakit.

Jadi apa dong yang harus dilakukan akan terhindar dari sakit…..???
a. Pastikan asupan Gizi nutrisi bagi tubuh cukup (karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral)

b. Jaga kebersihan dan kehigienisan makanan (jangan beli makanan sembarangan ya!!)

c. Pastikan kebersihan sumber air (biarpun makan bersih, tapi air minumannya kotor...bisa kena penyakit juga tuh....aduh jangan deh)

d. Pastikan kebersihan lingkungan termasuk kebersihan tempat istirahat, bermain dan tempat-tempat favorit laiinya he.he.

e. Jangan lupa pakai pakaian yang pas dan memberi perlindungan seperti jaket pada saat udara dingin, atau payung pada saat berjalan dibawah guyuran hujan.....!!

Mudah-mudahan dengan informasi ini kita semua tetap terjaga kesehatannya ya....Amin.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

tips yang bermanfaat banget... lam kenal Rizqi

DAFFA RIZQI.blogspot.com mengatakan...

Terimkasih, salam kenal juga (mba:?) innelovers

Posting Komentar