Senin, 02 Februari 2009

Internet bagi balita (bagian 2)

Oke ..rizqi akan melanjutkan tulisan tentang penggunaan internet bagi balita. Seperti yang sudah rizqi tulis sebelumnya..bahwa banyak sekali kegunaan internet bagi kita semua termasuk bagi bayi dan balita seperti kita.....dan apa saja dampak negatif dari internet ??

a. Bahaya terpapar konten-konten yang tidak layak seperti pornografi, materi yang memuat SARA, hasutan berbuat negatif, iklan merokok dan minuman keras. Konten-konten ini dapat menghampiri anak melalui email, pop-up yang tiba-tiba muncul di layar monitor, chatroom, atau iklan-iklan dari berbagai situs.

b. Serangan virus pada komputer yang digunakan, hal ini dapat terjadi karena tidak semua situs-situs aman untuk dikunjungi. Maraknya kebanggaan membuat program virus dan spyware sebagian ”oknum” pengguna internet, membuat internet menjadi jalur bebas hambatan bagi perkembangan distribusi virus.

c. Tanpa disadari berbagai aktivitas seperti download-download konten ternyata melangar Hak Atas Kekayaan Intelektual (Hak Cipta).....he.he. so be careful

d. dan satu lagi yang berbahaya banget dari internet adalah menjadi MEDIA bagi kegiatan penipuan, pemerasan bahkan pelecehan. Sudah banyak berita tentang terjadinya pemerasan dan pelecehan dimana korbannya sebagian besar anak-anak...jadi teman-teman selama bermain dan belajar internet harus ada orangtua disampingnya ya....

Dampak negatif internet sudah.....lalu bagaiamana cara menangkal pengaruh buruk internet?? Ini tips bagi mamah dan papah kita nih....!!

a. Siapkan software untuk memblokir situs-situs yang tidak baik.Hal ini penting, walaupun anak didampingi orang tua namun tidak setiap saat orang mengetahui apa yang terjadi pada saat kita berselancar di dunia maya. Jadi cara aman pertama adalah instal software pemblokir situs ”berbahaya” termasuk software anti virus (bila perlu dan komputer teman-teman mendukung instal anti virus yang dilengkapi dengan proteksi internet). Informasi software-software ini banyak beredar di internet...salah satunya dapat dicari dengan meminta tolong ”om Google” hi.hi.

b. Cara berikutnya adalah papah dan mamah kita harus memberikan aturan penggunaan internet bagi anak-anaknya, dimana aturan ini dapat tertulis dan diletakkan di dekat komputer. Isinya seperti :

1.) tidak akan memberikan informasi pribadi seperti alamat rumah, identitas siri, no telepon, dan lain-lain.
2.) Segera memberitahukan orang tua jika menemukan informasi yang tidak nyaman, tidak jelas ataupun bikin bingung.
3.) Tidak boleh ”bersedia untuk bertemu langsung” dengan orang-orang yang mengajak berkenalan melalui internet dan segera memberitahu kepada orang tua.
4.) Bertanya dulu dengan orang tua apabila teman-teman hendak mengunduh (mendownload) suatu konten ataupun hendak menginstal suatu program

Wah..wah terdengar seperti anak-anak balita belum mengerti hal-hal demikian, eits..papah dan mamah jangan salah ya....anak balita umur 3-4 tahun pun akan benyak belajar tentang segala sesuatu yang ingin diketahui termasuk internet.....ingat lho suatu permainan semacam permainan nintendo dan playstation pun kadang anak-anak lebih hebat dari orang tuanya he.he.he.

Sehingga yang terpenting adalah bagaimana anak dapat belajar internet dengan nyaman dan memperluas wawasannya tanpa ada perasaan tertekan, hal ini perlu dipikirkan oleh orang tua dengan manajemen tertentu seperti peletakkan perangkat komputer diruang keluarga (tidak dikamar), penggunaan software-software pengaman, pengaturan waktu dan durasi penggunaan internet serta penentuan daftar situs-situs yang dipercaya.

Tuh..asik kan belajar internet....banyak informasi yang dapat teman-teman dapatkan jadi Dont be afraid to learn Internet. Nih rizqi kasih beberapa situs anak-anak yang aman untuk teman-teman sekalian sekaligus sebagai ajang belajar ”ngenet” (artinya belajar cari informasi di internet he.he.)

Rekomendasi beberapa Situs aman:

Disney.go.com
Kids.msfc.nasa.gov
Uptoten.com
Kiderart.com
Funbrain.com
Nick.com
Funschool.com
Brainpop.com
Cyberbee.com
dan tentu saja: daffarizqi.co.cc. atau daffarizqi.blogspot.com he.he.

1 komentar:

sewa laptop mengatakan...

sip, anak-anak kita juga perlu bimbingan yang positif dari kita,

Poskan Komentar