Kamis, 29 Januari 2009

Internet bagi Balita (bagian 1)

Wah..main komputer emang asik, rizqi suka banget ngetik-ngetik gak jelas di laptop papah yang lagi nganggur. Kebetulan papah rizqi punya dua laptop, jadi kalo yang satu dibawa kekampus..nah yang satunya lagi buat mainan rizqi dirumah ha..ha...
Eits ngomong-ngomong soal komputer tentu gak jauh dari yang namanya internet....nah bagaimana dengan bayi atau balita kaya kita.??? ..Jawabnya...gak jauh juga..karena sekarang teman-teman dengan papah or mamahnya pasti didekat komputer dan terhubung dengan internet.....iya kan....ngaku deh...he.he.
So..what the point?? Jadi apa pentingnya...??(kira-kira gitu terjemahan bebasnya)
Tahukah teman-teman….Internet seperti pisau bermata dua. Disatu sisi merupakan akses informasi penting dan bermanfaat (seperti situs rizqi ini ) namun disisi yang lain..Internet dapat memberikan informasi yang negatif...termasuk untuk anak kecil dan balita). Tapi...apakah alasan ini menjadikan papah dan mamah kita tidak memperbolehkan kita sama sekali mengenal yang namanya internet??? Tentunya tidak, karena ada banyak sekali kegunaan Internet...apalagi dengan terus disosialisasikannya internet hingga ketingkat sekolah dasar, akan ada jutaan anak yang ”melek” internet dimasa depan.
Penggunaan internet di Indonesia dewasa ini memang sebagian besar hanya sebatas mencari hiburan maupun bersosialisasi (chating misalnya), namunbanyak sekali manfaat internet bagi anak-anak dan hal ini perlu dukungan orang tua maupun guru sebagai orang yang terdekat untuk memberikan bimbingan dan informasi kepada anak.
Beberapa manfaat internet bagi anak-anak khususnya yaitu :
a. Sebagai gerbang informasi dan pendidikan yang tak terbatas. Hanya dengan mengetikkan sebuah kata yang ingin diketahui oleh anak pada mesin pencari (Om ”Google” misalnya) maka informasi dari berbagai penjuru dunia siap dipelajari.
b. Mencari berbagai permainan dan informasi hiburan yang dapat diunduh dan dimainkan bersama papah, mamah dan kakak-adik
c. Mencari lokasi tempat berlibur yang mengasikkan bagi keluarga serta waktu yang tepat untuk bepergian
d. Bisa berkomunikasi dengan kerabat, bapak/ibu guru, teman, sahabat bahkan sahabat pena yang nun jauh diseberang lautan....he.he.
e. Memungkinkan untuk mendapatkan informasi ter-update (terbaru) seperti berita, film, olahraga dan lain-lain yang menjadi minat anak
f. Paling penting adalah dengan internet maka akan mengajarkan dan membiasakan anak untuk memahami teknologi, meningkatkan keahlian Teknologi Informasi, mengasah kemampuan membaca dan mengumpulkan informasi.
Nah...terlihatkan banyak banget kegunaan internet..teman-teman boleh menambahkan kegunaan lainnya melalui kolom komentar....(jadi ada kegunaan lain internet yaitu mendorong kita MENULIS he.he.). Ada banyak juga sih dampak negatif internet....ini akan rizqi lanjutkan pada tulisan berikutnya ya...karena takut terlalu panjang, teman-teman jadi pegel ngebacanya...he.he.

0 komentar:

Poskan Komentar