Selasa, 27 Januari 2009

Jenis dan Jadwal Imunisasi



Setelah sekian lama akhirnya rizqi akan melanjutkan tulisan (yang diambil dari berbagai sumber) tentang imunisasi atau vaksinasi. Mungkin teman-teman sudah membaca....sedangkan bagi yang belum silahkan baca Vaksinasi atau imunisasi.

Vaksin apa saja yang perlu didapatkan oleh seorang anak??
Sekumpulan vaksin yang akan diterima seorang anak tentu saja akan membuat cemas ibunya karena kesannya yang banyak. Sebetulnya bayi anda memerlukan beberapa dosis vaksin, inilah yang menyebabkan imunisasi perlu untuk dilakukan berkali-kali.
Berikut ini jenis imunisasi yang perlu diberikan pada si kecil plus kegunaannya:

Hepatitis B
Melindungi tubuh anak dari penyakit hepatitis B yang berakibat pada hati, yang menyebar melalui kontak darah atau cairan tubuh dengan orang lain yang sudah terinfeksi virus hepatitis B.
Penularan utama adalah dari ibu ke anak saat melahirkan (perinatal), penularan dari anak-ke anak, dari injeksi dan transfusi yang tidak aman.

Jadwal : diberikan dalam waktu 12 jam setelah lahir, dilanjutkan pada umur 1 dan 3-6 bulan. Interval dosis minimal 4 minggu

Hepatitis A
Hepatitis A adalah penyakit hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A. Penyebarannya melalui kontak personal atau melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. Hepatitis A tidak menyebabkan kesakitan dalam jangka waktu lama atau kerusakan hati seperti Hepatitis B. Tapi hepatitis A dapat menjadi ganas dan menyebabkan kematian.
Anak dibawah 6 tahun yang terinfeksi Hepatitis A sering tidak menunjukkangejala-gejala sakit. Tetapi untuk anak yang lebih tua, gejala hepatitis A dapat muncul cepat seperti panas, kurang nafsu makan, kelelahan, sakit perut, muntah, air kencing keruh dan kekuningan pada kulit/mata.
Jadwal : diberikan pada umur > 2 tahun, dua kali dengan interval 6-12 bulan

DPT (Dipteri Pertusis Tetanus)
Merupakan kombinasi vaksin diptheria (bakteri yang menyebabkan penyakit pernapasan), tetanus (penyakit menggangu sistem saraf yang juga dikenal dengan sebutan lockjaw), dan batuk rejan.
Dipteri disebabkan oleh bakteri, mudah menular melalui batuk atau bersin. Jika tidak didiagnosa dan ditangani dengan benar dapat menimbulkan komplikasi serius dari racun yang dihasilkan bakteri.
Pertusis (batuk rejan) adalah penyakit yang sangat menular. Penularan melalui kontak personal, batuk atau bersin. Pertusis berdampak paling berat pada anak < 1 tahun.
Tetanus disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui luka di kulit. Anak-anak dapat terkena tetanus karena luka bakar yang parah, infeksi telinga atau gigi juga gigitan serangga. Tetanus menghasilkan racun yang dapat menimbulkan konstraksi otot yang menyakitkan dan berakibat komplikasi serius dan kematian.
Jadwal : Diberikan pada umur > 6 minggu, DTwP atau DtaP atau secara kombinasi dengan hep Batau hib. Ulangan DPT umur 18 bulan dan 5 tahun. Umur 12 tahun mendapat TT pada program BIAS SD kelas VI.

PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine)
Melindungi tubuh untuk melawan bakteri penumococcal pneumonia, keracunan darah dan meningitis.
Jadwal : Pada umur 2-5 tahun diberikan satu kali pada anak yang belum mendapatkan vaksin pneumokokus (PCV)

Hib (Haemophilus influenzae type b conjugate)

Hib merupakan penyakit karena bakteri, menular melalui udara. Hib dapat menyebabkan komplikasi serius seperti meningitis (radang selaput otak) dan pneumonia (radang paru), termasuk sepsis, infeksi kulit dan arthritis.
Jadwal : diberikan mulai umur 2 bulan dengan interval 2 bulan. Diberikan terpisah atau kombinasi

Polio

Disebabkan oleh virus, menyebar melalui tinja dari orang yang terinfeksi. Penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan.
Jadwal : Polio-O diberikan saat kunjungan pertama. Untuk bayi yang lahir di RB/RS vaksin diberikan pada saat bayi dipulangkan (untuk menghindari transmisi virus vaksin kepada bayi lain)

BCG (Bacille Calmette Guerin)
Vaksin BCG dapat menurunkan resiko tuberkulosis berat seperti meningitis tuberkulosa
Jadwal : Diberikan sejak lahir. Apabila umur > 3 bulan harus dilakukan uji tuberkulin terlebih dahulu. BCG diberikan apabila uji tuberkulin negatif.

MMR (Measies Mumps Rubella)
a. Measies ( Campak) disebabkan oleh virus dan menyebar dengan mudah. Pada kebanyakan anak meyebabkan kemerahan kulit dan demam dan dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi telinga atau pneumonia (radang paru)
b. Mumps (gondong) disebabkan oleh virus, penyebaran melalui udara. Mumps/gondong biasanya penyakit ringan tetapi dapat memberikan dampak serius seperti meningitis, encephalitis.
c. Rubella (Campak Jerman) disebabkan oleh virus rubella. Ditularkan melalui kontak personal seperti batuk atau bersin. Pada anak, rubella biasanya penyakit ringan dan dapat sembuh total dengan cepat. Yang paling berbahaya dari infeksi rubella adalah pada ibu-ibu hamil, jika ibu hamil tersebut terkena rubella pada usia awal kehamilan, resikonya bayi akan dilahirkan cacat.
Jadwal : diberikan pada umur 12 bulan, apabila belum mendapat campak 9 bulan. Umur 6 tahun diberikan untuk ulangan MMR maupun catch-up immunization

Varicella (Cacar air)
Varicella (cacar air / chicken pox) merupakan penyakit yang banyak dijumpai pada anak-anak. Disebabkan oleh virus, menyebar melalui udara atau kontak dengan cairan yang keluar dari gelembung kecil. Cacar air sangat menular.
Kmplikasi cacar air berupa infeksi kulit dan pada beberapa anak dapat terjadi infeksi di otak. Cacar air dapat muncul kembali dan menjadi zoster (Kemerahan pada kulit disertai rasa sakit)
Jadwal : diberikan pada saat umur 5 sampai 12 tahun

Demam Tifoid (Tifus)
Demam tifoid adalah penyakit yang berbahaya, merupakan infeksi akut disaluran cerna disebabkan oleh bakteri yang dapat menyebabkan kematian. Penyebarannya melalui makan dan air yang terkontaminasi. Gejala-gejala meliputi panas berkepanjangan (39 -400 C), nyeri perut, pusing, hilang nafsu makan.
Jadwal : diberikan pada umur > 2 tahun, diulang setiap 3 tahun

Influenza
Imunisasi influenza membantu mencagah anak dari penyakit flu yang khususnya berbahaya bagi bayi dana dapat menyebabkan infeksi telinga dan sinus, dehidrasi berat, pneumonia, radang jantung, bahkan kematian
Jadwal : Diberikan setahun sekali.

Wow...lumayan banyak juga ya....tapi yang perlu teman-teman ingat vaksinasi kan juga untuk kesehatan kita...pada bayi dan balita, jadi informasi lebih jelasnya dapat teman-teman tanyakan kepada om dokter atau tante dokter terutama tentang kata-kata yang terdengar aneh ditelinga kita he.he. Oia dikartu KMS (Kartu Menuju Sehat) kalo tidak salah juga ada lho..jadwalnya. Mudah-mudahan sedikit informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 komentar:

Poskan Komentar